Makanan Pantangan Bagi Penderita Gerd dari SehatQ.com


Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini sering disebut juga dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease. Bagi para penderita penyakit ini sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi makanan tertentu. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis makanan pantangan yang apabila dikonsumsi dapat memper buruk kondisi.

Makanan Pantangan GERD

Salah satu cara untuk terhindar dari asam lambung naik dan mengurangi gejala yang terjadi saat sedang kambuh adalah dengan menjauhi makanan tertentu. Adanya direktori penyakit, membuat Anda mendapatkan informasi lengkap tentang asam lambung dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa makanan pantangan yang wajib diketahui terutama bagi para penderita asam lambung:

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda bisa menjadi salah satu minuman yang dapat memicu asam lambung. Di dalam minuman bersoda terkandung gas yang bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Anda tentu sudah mengetahui jika minuman bersoda bukan hanya tidak baik untuk lambung akan tetapi juga kurang sehat bagi tubuh. Tidak sulit bagi penderita asam lambung untuk menghindari soda karena ada banyak pilihan minuman lain yang lebih menyehatkan dan aman bagi lambung.

2. Makanan Pedas

Makanan yang juga harus dihindari oleh penderita asam lambung yaitu makanan pedas. Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang pedas. Anda harus berhati-hati dengan makanan pedas karena bisa meningkatkan asam lambung. Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan bahkan kebocoran lambung apabila sudah parah.

3. Makanan Berminyak

Makanan selanjutnya yang juga sebaiknya dihindari adalah makanan berminyak. Minyak dalam makanan seperti gorengan, makanan bersantan dan yang sejenisnya dapat memicu produksi asam lambung. Penderita penyakit asam lambung apabila mengkonsumsi makanan berminyak seperti ini biasanya langsung muncul gejala sesak nafas dan perut terasa tidak nyaman.

4. Kafein

Kafein ternyata juga bisa menyebabkan seseorang memiliki masalah Gerd anxiety. Jika Anda merupakan pecinta kopi dan teh sebaiknya berhati-hati karena kedua minuman tersebut banyak menyebabkan seseorang terserang asam lambung. Bagi yang sudah memiliki penyakit ini maka hindari mengkonsumsi kopi dan teh terutama ketika perut sedang kosong.

5. Coklat

Penderita asam lambung selain menghindari kopi dan teh juga perlu untuk mengurangi konsumsi coklat. Coklat dalam bentuk minuman, makanan atau bahkan dalam bentuk lempengan ternyata sama-sama dapat menyebabkan asam lambung naik. Anda harus berhati-hati karena jika berlebihan mengkonsumsi coklat, gejala penyakit asam lambung akan muncul

Anda boleh mengkonsumsi coklat akan tetapi dalam jumlah yang kecil. Selain itu, Anda juga perlu mengimbangi dengan makanan-makanan yang sehat dan bernutrisi. Apabila gejala asam lambung muncul, Anda tentu tidak bisa merasakan kenyamanan dalam beraktivitas.

6. Makanan yang Mengandung Lemak

Makanan berlemak seperti santan, daging serta jenis makanan berlemak lainnya juga sebaiknya dikurangi atau bahkan di hindari. Apabila seseorang terserang asam lambung tentu tubuh akan terasa lemas dan tidak nyaman.

Penyakit asam lambung termasuk sebagai penyakit yang umum menyerang masyarakat. Akan tetapi jika dibiarkan dapat menyebabkan resiko yang berbahaya bagi kesehatan. Jika anda ingin terhindar dari penyakit ini atau sembuh dari asam lambung sebaiknya mengetahui tentang makanan pantangan yang harus dihindari menggunakan direktori penyakit. Selain itu juga perlu untuk menghindari berbagai macam penyebab naiknya asam lambung.

Apabila ingin memantau kesehatan dengan mudah maka bisa memanfaatkan direktori penyakit. Aplikasi SehatQ.com sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Informasi yang ada dalam aplikasi ini sangat lengkap, terutama mengenai berbagai macam penyakit dan pengobatannya. Penyakit asam lambung atau gas dapat diatasi dengan lebih mudah dengan memanfaatkan aplikasi yang satu ini.

Tidak ada komentar untuk "Makanan Pantangan Bagi Penderita Gerd dari SehatQ.com"