Beginilah Prosedur Klaim Allianz Asuransi Kendaraan


Kendaraan merupakan salah satu aset yang bisa dimiliki oleh seseorang. Karena fungsinya yang sangat berguna dan membantu mobilisasi, pemilik kendaraan juga perlu untuk melakukan perawatan yang tepat. Dimana salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah bisa memberikan perlindungan yang terbaik pada kendaraan yang dimiliki. Perlindungan tersebut misalnya dengan membeli asuransi kendaraan yang akan dapat membantu untuk melindungi kendaraan secara finansial ketika membutuhkan service dan perbaikan. Salah satu asuransi yang dapat dipilih untuk kendaraan adalah asuransi Allianz yang bisa untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan secara mudah. Bagi Anda yang mempunyai asuransi kendaraan ini dan ingin mengajukan klaim Allianz bisa untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Melaporkan ke pihak Allianz

Hal pertama yang harus diketahui ketika terjadi kerugian pada kendaraan yang disebabkan oleh kecelakaan dan juga kehilangan adalah dengan melaporkannya terlebih dahulu. Hal ini merupakan langkah awal sebelum akan ke langsung selanjutnya. Untuk tempat melaporkan kerugian yang dialami sendiri dapat untuk dilakukan pada kantor cabang Allianz yang tersebar di berbagai daerah mulai di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan juga di Medan. Untuk waktu pelaporan sendiri maksimumnya 72 jam setelah kejadian sehingga akan langsung segera bisa untuk mengajukan klaim secara resmi dan juga mengikuti proses selanjutnya.

2. Memberikan data yang diperlukan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan setelah melaporkan adalah dengan memberikan data yang diperlukan. Apabila laporan Anda sudah disetujui pihak asuransi Allianz, maka langkah selanjutnya adalah memberikan data yang bisa diberikan lewat telepon, telex, surat, ataupun fax. Untuk data tersebut adalah mengenai detail kejadian yang sudah menimpa pada kendaraan yang mempunyai asuransi Allianz. Dimana detail untuk mengajukan klaim Allianz tersebut dari nomor polis asuransi, nama pemilik asuransi, merek kendaraan yang digunakan, nomor polis kendaraan, tanggal kejadian, tempat kejadian, kerugian benda yang dipunyai, dan juga uraian singkat mengenai kejadian yang terjadi baik itu kecelakaan maupun kerugian yang diterima.

3. Mengajukan dokumen klaim

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan untuk dapat mengajukan klaim kendaraan dari asuransi Allianz adalah dengan mengajukan dokumen klaim yang harus disiapkan. Untuk dokumen ini juga harus diperhatikan dengan baik dan lengkap sehingga bisa lolos verifikasi dan juga segera diproses. Bagi yang mengajukan klaim dengan dokumen yang tidak lengkap nantinya bisa untuk dikembalikan dan klaim yang diajukan akan ditolak. Oleh karena itulah bisa untuk melengkapi dokumen klaim yang diperlukan mulai dari formulir klaim, fotocopy polis asuransi, fotocopy SIM dan STNK, surat keterangan polisi setempat.

4. Pengajuan klaim sesuai dengan kejadian

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika akan mengajukan klaim adalah dengan melengkapi dokumen sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk pengajuan klaim bisa dilakukan berdasarkan jenis asuransi yang dipunyai apakah kasus klaim kehilangan kendaraan atau kerusakan total dan mengajukan klaim karena melibatkan pihak ketiga. Selain itu ketika mengajukan klaim untuk perbaikan juga harus memperhatikan tempat atau bengkel yang bisa digunakan untuk menangani perbaikan kendaraan yang Anda punyai.

Beberapa hal di atas merupakan informasi yang perlu diketahui ketika akan mengajukan klaim Allianz untuk asuransi kendaraan yang Anda punyai. Dimana ketika akan mengajukan klaim jenis ini, penting untuk memperhatikan langkah yang tepat yaitu dengan melaporkannya terlebih dahulu kepada pihak Allianz, karena apabila Anda memperbaiki secara langsung kendaraan di bengkel langganan atau memperbaiki sendiri maka hal tersebut akan membuat proses klaim Anda menjadi gagal dan tidak dapat diproses.

Tidak ada komentar untuk "Beginilah Prosedur Klaim Allianz Asuransi Kendaraan"