Menurut Penelitian, Teh bisa Jaga Kesehatan Otak


Ada kabar baik untuk Kamu yang suka minum Teh. Sebuah penelitian menunjukan, orang yang minum Teh empat kali seminggu selama sekitar 25 tahun memiliki fungsi otak yang lebih efisien.

Penelitian ini dilakukan National University of Singapore (NUS).

Dilansir AkuratHealth dari Independent, penelitian ini mengungkap bahwa orang yang rutin konsumsi Teh memiliki area otak yang terorganisir lebih baik walaupun sudah termakan usia, daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Para peneliti NUS, bekerja sama dengan University of Essex dan University of Cambridge, menganalisis data neuroimaging dari 36 orang dewasa berusia 60 atau lebih, dan membuat kesimpulan itu.

Selain konsumsi Teh, para peneliti juga menganalisis faktor-faktor tentang partisipan seperti kesehatan, gaya hidup, dan kesejahteraan psikologis.

Temuan yang diterbitkan dalam The Scientific Journal Aging ini menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi baik Teh hijau, oolong, atau Teh hitam setidaknya empat kali seminggu selama sekitar 25 tahun memiliki daerah otak yang saling berhubungan dengan cara yang lebih efisien daripada mereka yang tidak minum Teh.

"Penelitian ini menunjukan kontribusi positif minum Teh untuk struktur otak," kata Feng Lei, pemimpin riset dan asisten profesor di Departemen Psikologi Kedokteran di Sekolah Kedokteran NUS Yong Loo Lin.

Dr Feng juga mengatakan, hasil riset ini mendukung temuan sebelumnya yang membuktikan minum Teh secara teratur dapat mencegah gangguan koneksi antar wilayah otak.

Untuk riset mendatang, peneliti berencana untuk memeriksa efek yang dimiliki Teh dan senyawa bioaktif dalam Teh, terhadap penurunan kognitif.

Harvard Medical School juga mengklaim konsumsi Teh, terutama Teh hijau, dapat menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Kanker dan Diabetes.

Tapi perlu diingat bahwa minun Teh bukan satu-satunya cara untuk membantu Kesehatan Otak tetap terjaga. Semua butuh keseimbangan, seperti tetap lakukan pola hidup sehat lainnya.

Tidak ada komentar untuk "Menurut Penelitian, Teh bisa Jaga Kesehatan Otak"